Kamis, 16 Mei 2019


Membatalkan Tiket Kereta, Ganti Jadwal Keberangkatan lewat APP KAI ACCESS
Tak perlu antri, Tak perlu datang ke Stasiun.


Teman- teman yang sering bepergian menggunakan kereta.
App yang satu ini wajib ada di HP anda.
Yup, namanya KAI ACCESS
KAI ACCESS benar-benar memudahkan para pelanggan setia PT KAI.
Proses pembatalan tiket, ganti jadwal keberangkatan kereta menjadi sangat mudah dengan KAI ACCESS.
Ok, langsung saja ya… begini caranya untuk proses pembatalan kereta
1.       Pembatalan/Ganti Jadwal keberangkatan Tiket yang di beli dari KAI ACCESS
Kode Booking pelanggan yang membeli tiket dari App KAI ACCESS sudah otomatis tercatat di menu MY TRIP.

Langkah selanjutnya kilk MY TRIP, Lalu pilih PEMBATALAN TIKET / GANTI JADWAL 
Jika sudah anda harus menceklis nama di tiket yang akan di batalkan. Artinya, jika yang berangkat 4 orang dan yang batal hanya 1 orang, BISA.

Setelah itu akan diminta konvirmasi pembatalan, OK. Dan pelanggan diminta untuk memasukkan NAMA AKUN BANK, NAMA PEMILIK REKENING dan NO REKENINGNYA tentu saja.

Note yang perlu diperhatikan.
SYARAT Pembatalan akan sukses jika nama pemilik akun bank adalah salah satu orang yang namanya tertulis di tiket dengan kodebooking tersebut.
Anda akan dikenakan potongan 25% seperti yang berlaku saat kita membatalkan tiket di loket stasiun. Nah, proses uangnya masuk ke rekening kita adalah antara 30 – 45 hari. Tunggu saja, jika sampai 45 hari belum ada notifikasi TRANSFER SUKSES di KAI ACCESS anda, bisa di KLAIM ke stasiun. Tapi Insyaallah yang aku alami, dalam 30 hari sudah masuk ke rek kita pengembalian dananya, setelah di potong 25%.


Untuk Ganti Jadwal, silakan pilih GANTI JADWAL KEBERANGKATAN dan ikuti langkah – langkahnya. Syaratnya Nama yang akan berangkat dengan ganti jadwal adalah orang yang sama.
Untuk ganti jadwal keberangkatan, kita juga akan dikenakan potongan 25%. Jika harga tiket penggantinya lebih mahal, kita akan diminta mentransfer kekurangannya ke no rekening yang tertera di sana.

2.       Pembatalan/Ganti Jadwal keberangkatan Tiket yang di beli dari TRAVELOKA, TIKET.COM dan agen tiket lainnya.

Karena proses transaksi pembelian tiket tidak melalui KAI ACCESS, maka Kode Booking kita belum ada di menu MY TRIP

Anda tinggal menambahkan di menu MY TRIP : Klik tanda Plus (+) di kanan bawah  lalu masukkan serach kode booking. Tambahkan ETIKET (warna kuning) setelah klik ini, Kode Booking anda akan masuk ke menu MY TRIP 

Jika tanda + tidak juga ketemu, jangan panik. Lalukan uninstall aplikasi dan Instal ulang lagi yang terbaru, lalu masukkan konvirmasi kalau itu memang akun anda. Dan ikuti langkah yang sama dengan di atas.

Ini info dari KAI :
Mohon dipastikan kembali untuk akun KAI Access milik Ibu sudah dalam keadaan login, dengan cara memilih menu more kemudian account. Untuk proses pembatalan dan ubah jadwal via KAI Access pemesanan diluar dari KAI Access terlebih dahulu menambahkan kode booking di Menu My Trip. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

-Pilih menu My Trip lalu tanda tambah dipojok kanan bawah 
-Masukkan kode booking klik cari 
-Muncul data pemesanan dan klik "Add E-ticket" 
-Kode booking pemesanan diluar KAI Access sudah masuk di daftar My Trip 


Jika Kodebooking tiket yang mau kita batalkan sudah ada di MY ACCESS, langkah selanjutnya adalah seperti yang di atas.

Mudah sekali bukan? Pembatalan tiket PT KAI saat ini tidak perlu antri dan datang ke loket stasiun.

Semoga bermanfaat…
Contact Center  PT KAI  121 (layanan 24 jam) di nomor telepon 121/021-121 atau email ke kontak_pelanggan@kereta-api.co.id, akun Twitter : @kai121 dan Facebook : KAI121.

Tidak ada komentar:

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Pertemuan 10 (Rabu, 8 Juni 2022) Pelatihan Belajar Menulis PGRI Gelombang 25 Narasumber: Sudomo, S.Pt. Moderator: Sigid Purwo Nugroh...